Balita Penderita Down Syndrome Jadi Korban Tewas Serangan Rusia

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta -  Vinnytsia, sebuah kota di Ukraina yang jauh dari medan pertempuran, berduka, atas kematian seorang balita empat tahun dari sebuah serangan rudal menyusul upaya Rusia memborbardir sejumlah kota di penjuru Ukraina.     

Balita malang tersebut, diketahui bernama Liza Dmitrieva, yang mengalami down syndrome. Dia ditemukan ditumpukan puing-puing dekat kereta bayi. Sejumlah foto, yang diunggah ibu Liza ke media sosial memperlihatkan putrinya mendorong kereta bayi itu dua jam sebelum serangan terjadi. Foto-foto itu pun dengan cepat viral.       

Kondisi sebuah apartemen yang hancur akibat serangan rudal Rusia di Chasiv Yar, Donetsk, Ukraina, 10 Juli 2022. Akibat serangan tersebut, 6 warga tewas dan 30 orang terjebak reruntuhan. Gubernur wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko/Handout via REUTERS

Ukraina pada Kamis, 14 Juli 2022, melaporkan sebuah serangan menghancurkan sebuah gedung perkantoran di Vinnytsia, yakni sebuah kota dengan 370 ribu jiwa. kota Vinnytsia berlokasi 200 kilometer dari barat daya Kyiv.

Vinnytsia dihantam oleh rudal jelajah, yang ditembakkan dari sebuah kapal selam Rusia di Laut Hitam. Kyiv mengatakan serangan itu setidaknya menewaskan 23 orang dan puluhan orang luka-luka.

Rudal tersebut meledak dekat sebuah rumah sakit. Orang-orang yang ke rumah sakit itu untuk berobat, terbakar hidup-hidup dalam mobil mereka yang berada di luar rumah sakit. Ada dua dokter mengalami luka-luka.

Serangan tersebut merupakan serangan terbaru yang dilancarkan Rusia dalam beberapa pekan terakhir menggunakan rudal jarak jauh dan menghantam gedung-gedung padat penduduk. Serangan dilancarkan pada sejumlah kota yang jauh dari medan tempur. Puluhan orang tewas.

Pada Jumat malam, 15 Juli 2022, rudal Rusia menghantam Kota Dnipro. Gubernur Dnipro Valentyn Reznychenko mengatakan serangan itu menewaskan tiga orang dan melukai 15 orang.       

Beberapa roket menghantam sebuah kawasan industrial dan sebuah jalan di dekatnya. Rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan asap hitam membumbung ke angkasa dari sejumlah gedung dan mobil-mobil yang terbakar.  

Gubernur di kawasan timur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan dalam sebuah wawancara televisi ada 8 orang tewas dan 13 orang luka-luka dalam serangkaian penembakan di 10 titik lokasi di timur Dontesk.

Sumber: Reuters

Baca juga: Tiga Warga di Nduga Papua Tewas Diduga Ditembak KKB

Ikuti berita terkini dari tempo.co di Google News, klik di sini.            

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan