Daftar Peraih Adhi Makayasa 2022

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari TNI dan Polri. Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek, yakni akademis, jasmani, dan kepribadian.

Penganugerahan Adhi Makayasa secara langsung diberikan Presiden Republik Indonesia atau perwakilan atas nama Presiden saat acara Prasetya Perwira dan Sumpah Perwira, yaitu upacara pelantikan para taruna angkatan darat, laut, udara, dan polisi.

Khusus untuk para calon perwira kepolisian, sejak dipisahkannya Polri dari struktur TNI pada 2000, mereka hanya mengikuti Pelantikan Perwira dan penganugerahan Adhi Makayasa. Sedangkan acara sumpah perwira polisi dilakukan dalam upacara terpisah.

Sejak 1984-2003, cara Pelantikan Perwira remaja lulusan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) dan penganugerahan Adhi Makayasa selalu dilaksanakan di Istana Merdeka.

Namun, mulai 2004, pelantikan dilakukan secara bergantian di Akmil, AAL, dan AAU. Pada 2017, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, penganugerahan Adhi Makayasa kembali dilaksanakan di Istana Negara.

Merujuk Surat Keputusan Presiden Nomor 44 TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 45 Polri Tahun 2022, berikut daftar peraih Adhi Makayasa 2022:

1. Rafi Naufal Afriansyah sebagai Adhi Makayasa dari Akademi Militer.

2. Elang Tri Esthi Fitrananda sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut.

3. Jeremia Zophie Pramudya sebagai Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara.

4. Adira Rizky Nugroho sebagai Adhi Makayasa Akademi Kepolisian.

IDRIS BAUFAKAR

Baca juga: Budi Gunawan Bukan Juara, Siapa Peraih Adhi Makayasa 83?

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan