Hari ini SNSD 15 Tahun, Ini Kiprah Girl Grup di Bawah SM Entertaiment

  • Bagikan

SUARAFLORES.NET, Jakarta - SM Entertaiment resmi membentuk girl grup bernama Girls Generation atau dalam bahasa Korea, So Nyeo Shi Dae (SNSD) pada 16 Juli 2007. Sembilan perempuan yang terdiri atas Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun itu tampil pertama kali di televisi, tepatnya di acara M! Countdown, M.Net pada 18 Juli 2009 dengan membawakan lagu Into the New World. Saat ini, SNSD dikenal sebagai girlgrup legendaris di dunia K-pop.

Melansir kpop.fandom.com, Girls Generation, merupakan girlgroup asal Korea Selatan di bawah naungan S.M Entertaiment. Sebelumnya, girlgrup bernama Super Girl yang merupakan versi perempuan dari boygrup bentukan SM Entertaiment sebelumnya yaitu Super Junior.

Grup ini memulai debutnya pada 2007 dengan menampilkan single pertamanya berjudul "Into the New World". SNSD memiliki sembilan anggota yang terdiri atas Taeyeon, Sunny, Tiffany, Jessica, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Akan tetapi, pada 2014, Jessica memilih hengkang dari grup yang telah membesarkan namanya di industri hiburan Korea. Kemudia pada 2017, tiga member lainnya yaitu Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun, memutuskan tidak melanjutkan kontrak dengan SM Entertaiment. Meskipun demikian, ketiganya masih berstatus sebagai anggota SNSD.

Mengutip channel-korea.com, pada 2009, SNSD memasuki puncak karir dengan singlenya yang berjudul "Gee" yang berhasil memecahkan rekor kemenangan selama sembilan minggu berturut-turut di acara musik Korea ternama, KBS Music Bank. Setelah itu, SNSD semakin mencuri perhatian publik dengan comebacknya seperti “Tell Me Your Wish (Genie)”, “Oh!”, dan “Run Devil Run”. Pada 2011, SNSD juga mulai debut di Jepang dan albumnya menduduki puncak Oricon Chart di Jepang.

Pada 2014, salah satu anggota SNSD, yakni Jessica Jung memutuskan untuk hengkang dari grup yang telah membersamainya di dunia hiburan Korea Selatan. Meskipun bukan keputusan yang mudah, SNSD tetap produktif merilis single-single untuk mengobati duka penggemarnya. Comeback resmi pertama pasca Jessica meninggalkan grup pada tahun 2014, yaitu "Party".  Setelah itu, SNSD kembali merilis dua judul lagu "Lion Heart" dan "You Think".

“Holiday Night” adalah lagu comeback terakhir Girls Generation Korea Selatan dengan 8 anggota, sebelum beberapa anggota tidak memperpanjang kontrak mereka. Kembalinya ini sekaligus merayakan debut SNSD satui dasawarsa. Kini, SNSD sudah 15 tahun berkarya.

NAOMY A. NUGRAHENI 

Baca: Coba Tebak Siapa Personil SNSD Paling Jangkung?

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan