Berpadu Jenaka dan Romansa, Ini 6 Film Komedi Romantis

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta - Film komedi romantis dikenal juga dengan sebutan romcom (romantic comedy). Subgenre komedi dan fiksi kehidupan ini memiliki alur cerita yang ringan dan lucu berfokus ide romantis.

Film komedi romantis gabungan dari genre komedi dan roman. Komedi romantis digolongkan sebagai film dengan dua genre, bukan bergenre tunggal yang baru, dikutip dari buku Romantic Comedy: Boy Meets Girl Meets Genre.  

Alur dasar yang disajikan dalam film komedi romantis biasanya menggambarkan hadirnya seorang pria dan wanita. Mereka bertemu dan berpisah karena pertengkaran atau hambatan lain. Kedua orang ini mulanya tidak terikat asmara sama sekali karena percaya  tidak saling menyukai. Bisa saja, karena salah satu dari mereka sudah mempunyai pasangan atau karena perbedaan kelas sosial. 

Mengutip laman DePaul University, ada pula definisi lain yang menyatakan komedi romantis memiliki fitur pembeda utama terkait plot cinta. Misalnya, pasangan kekasih yang simpatik dan serasi bersatu atau berdamai dengan aksi lucu setiap adegannya. 

Apa saja film subgenre komedi romantis?

1. Crazy, Stupid, Love (2011)

Film komedi romantis asal Amerika ini disutradarai oleh Glenn Ficarra dan John Requa dari penulis skenario Dan Fogelman. Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang suami paruh baya yang berubah drastis ketika istrinya meminta cerai. Dia berusaha untuk menemukan kembali kedewasaan dengan bantuan seorang teman barunya, Jacob. Ia belajar untuk menjemput gadis-gadis di bar. 

Film ini pun banyak mendapatkan penghargaan, salah satunya datang dari Casting Society of America. Mengutip laman Casting Society, film ini berhasil memenangkan prestasi luar biasa dalam pemilihan (casting) untuk film komedi dengan anggaran yang besar.

2. Sierra Burgess is a Loser (2018)

Film komedi romantis ala remaja sekolah menengah Amerika yang disutradarai oleh Ian Samuels dari penulis skenario Lindsey Beer. Film ini menceritakan tentang kasus kesalahan identitas yang menghasilkan kisah romantis dan kekonyolan tak terduga. Saat gadis paling populer di sekolah menengah dan pecundang terbesar harus bersatu untuk memenangkan hati seorang pria.

3. Crazy Rich Asian (2018)

Film komedi romantis kontemporer ini mengangkat kisah dari buku terlaris global karya Kevin Kwan pada 2013. Film ini menceritakan kisah seorang penduduk asli New York, Rachel Chu pergi ke Singapura untuk bertemu keluarga pacarnya. Sesampainya di sana, Rachel terkejut karena menemukan kenyataan, pacarnya berasal dari keluarga terkaya di Singapura. 

4. To All the Boys I’ve Loved Before (2018-2021)

Film sekuel tentang kisah romansa dari remaja Amerika yang dibalut adegan lucu. Film ini diangkat dari trilogi tituler novel yang ditulis oleh Jenny Han. Mengutip Internet Movie Database (IMDb),  film ini berhasil memukau penonton dengan mendapatkan rating 7 dari 10 poin.

Film ini mengisahkan tentang Lara Jean sebagai seorang remaja pemalu yang menulis lima surat. Surat itu tidak pernah direncanakan untuk dikirim kepada pria yang disukainya. Namun keseluruhan surat itu dibagikan kepada lima pria itu oleh adik Lara Jean. 

5. Sweet and Sour (2021)

Deretan film selanjutnya berasal dari Korea Selatan. Film komedi romantis mengangkat kisah dari novel Initiation Love karya Kurumi Inui. Film yang disutradarai oleh Lee Gye-byeok menceritakan tentang pasangan suami-istri yang menjalani hubungan jarak jauh. Mereka dihadapkan peluang dan tantangan dunia nyata yang membuat rumit hubungan mereka.

6. The Royal Treatment (2022)

Film percintaan dengan adegan komedi asal Amerika ini disutradarai oleh Rick Jacobson dan ditulis oleh Holly Hester. Film ini menceritakan tentang seorang penata rambut Manhattan, Izzy diberi kesempatan untuk bekerja di istana kerajaan ketika pernikahan Pangeran Thomas. Namun, ketika melaksanakan kewajibannya dalam bekerja, Izzy mendapat tindakan yang tak masuk akal dari penghuni istana. Kendati demikian, tanggapan Izzy atas tindakan itu mampu memikat hati pangeran Thomas.

Baca: 6 Ciri Film Komedi Romantis

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan