Kasus Brigadir J, Ini Jenis-jenis Senjata Api yang Digunakan Polisi Saat Ini

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Jakarta -Kasus saling tembak Brigadir J oleh Bharada E di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mendapat sorotan dari sejumlah pihak.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto menjelaskan, dalam insiden adu tembak pada Jumat sore, 8 Juli 2022 lalu itu, Bharada E menggunakan senjata api Glock 17.

Glock 17 sendiri merupakan senjata api atau senpi jenis pistol. Senpi yang digunakan Bharada E ini dinilai janggal. Lantaran Bharada atau Bhayangkara Dua merupakan pangkat Tamtama yang tak diperbolehkan menggunakan senpi laras pendek tersebut.

Menurut peraturan kepolisian, saat dinas lapangan atau saat jaga kesatriaan, personel polisi berpangkat Tamtama tidak dilengkapi senjata pistol, melainkan senjata laras panjang.

Jenis-jenis Senjata Api Polisi

Mengutip dokumen lemdik.polri.go.id, pembagian senpi menurut penggunaannya dapat di golongkan menjadi 4 yaitu: senpi genggam, senpi bahu, senjata mesin, dan senjata khusus.

Senpi Genggam

Senpi genggam adalah senjata api yang cara penggunaannya atau menembakkannya cukup dengan genggaman tangan saja, baik satu tangan maupun dua tangan. Senpi genggam ada 2 jenis:

1. Revolver

Revolver merupakan senjata api genggam yang mampu ditembakan berturut-turut karena adanya silinder yang dapat berputar untuk diisi peluru karena mekanisnya berhubungan dengan penarik (double action) atau picu (single action). Adapun Macam-macam senjata revolver yaitu Rev.C.O.P (Colt Offisial Police), Rev.C.P.P (Colt Positive Police), Rev. D&R Devender, Rev S&W / Mood 1072, dan Rev Taurus Brazil 4 inch.

Ilustrasi senjata api. ANTARA FOTO

2. Pistol

Pistol merupakan senpi genggam yang pengisian peluru menggunakan sebuah magasin. Beberapa contoh pistol yaitu Glock, Sig Souwer, HS 9, FN 45, dan FN 9.

Senpi Bahu

Senpi bahu adalah senjata api yang ditembakkan menggunakan 2 tangan penembak dan bahu sebagai sandaran. Senjata api bahu ada 5 macam, yaitu:

1. Senapan

Senapan merupakan senjata api bahu dengan panjang larasnya mencapai 60 sentimeter atau lebih. Apabila ditembakkan jarak efektif proyektil sampai 600 meter. Contoh senapan yaitu LE, Mouser, Garrand, dan SKS.

2. Karaben

Karaben adalah senpi bahu yang panjang larasnya kurang dari 60. Contoh karaben yaitu US Caraben dan Japan Caraben.

3. Pistol Mitraliur

Pistol mitraliur merupakan senpi bahu yang ditembakkan menggunakan peluru pistol. Panjang laras kurang lebih 20 sentimeter. Disebut juga dengan senjata api pinggang. Beberapa jenis pistol mitraliur yaitu Sub Machine Gun, Mini Uzi, Scorpion, dan PM Bareta.

Tim Densus 88 membawa senjata lengkap saat menggeledah rumah terduga teroris di kawasan Cijagra, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 16 Oktober 2019. TEMPO/Prima Mulia

4. Senapan serbu

Senapan serbu adalah senjata api bahu yang lebih ringan, tetapi dapat mencakup fungsi senapan dan karaben dengan cara kerja auto loading atau semi otomatis. Contoh senapan serbu yaitu AK101, Steyer, M16, dan AR 10.

4. Senapan mesin ringan

Senapan mesin ringan merupakan senjata api bahu otomatis yang dapat ditembakkan dengan kuda-kuda bahu penembak sebagai sandaran. Beberapa jenis senapan ini yaitu RPD, BREN MK III, BREN CEKO, dan BREN MK I.

Senjata Mesin (Mitraliur)

Senjata mesin (mitraliur) merupakan senjata api ringan otomatis. Senpi ini mampu ditembakkan cepat untuk waktu yang relative lama, yaitu selama penarik ditekan dan amunisi tersedia. Contoh mitraliur yaitu LMG Browning A4, dan HMG SG 45-43.

Senjata Api Khusus

Senjata api khusus adalah senjata api yang bukan senjata api genggam, bahu maupun mitraliur. Biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan khusus. Contoh : Gas Gun Federal Pistol Isyarat, Pistol Isyarat Rusia 1 5 Spc, dan Pistol.

HENDRIK KHOIRUL MUHID
Baca juga : IPW Sebut Pengungkapan Kasus Brigadir J Akan Temui Kesulitan, Apa Sebabnya?

Ikuti berita terkini dari tempo.co di Google News, klik di sini.

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan