Viral Pencari Kerja Berdesakan Sejak Malam-Subuh di Tangerang, Disnaker Bereaksi

  • Bagikan
SUARAFLORES.NET, Tangerang - Ratusan orang berjubel di depan PT Roda Prima Lancar, Jatiuwung, Kota Tangerang sejak malam hingga pagi tadi. Mereka mengantre demi bisa melamar pekerjaan di perusahaan bidang otomotif itu.

 

Para pelamar kerja mencoba menerobos masuk ke lokasi pabrik. Dalam sebuah video yang viral di media social, ratusan orang pencari kerja ini berdesakan dan saling dorong hingga merobohkan pagar. Dalam keterangan video itu disebutkan para pencari kerja ini telah mengantri sejak Sabtu malam hingga Ahad subuh tadi.

 

View this post on Instagram

A post shared by INFO TANGERANG (@infotangerang.id)

Disnaker Kota Tangerang Panggil Perusahaan  

Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang pun bereaksi dengan memanggil pihak perusahaan. Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra mengatakan HRD PT Roda Prima Lancar tidak berkoordinasi dengan pemerintah kota terkait penerimaan lowongan kerja itu.

"Seharusnya setiap perusahaan yang menyelenggarakan perekrutan melaporkan ke dinas," kata Ujang saat dihubungi Tempo, Ahad, 17 Juli 2022.

 

Menurut Ujang, PT Roda Prima Lancar pernah ditanya apakah akan menerima pekerja baru atau tidak, namun tak kunjung memberi jawaban.

 

Ujang menuturkan pihaknya rutin setiap akhir bulan membuka job fair dengan cara virtual untuk menghindari penumpukan pelamar lantaran kondisi masih situasi pandemi Covid-19.

 

Rencananya Disnaker Kota Tangerang akan memanggil pihak PT Roda Prima Lancar besok untuk  dimintai klarifikasi terkait pembukaan lowongan kerja itu. "Kami akan lakukan pembinaan, kalau sanksi itu kewenangan Disnaker Provinsi Banten,"kata Ujang.

  

Angka Pengangguran Terbuka Kota Tangerang 103.500

 

Ujang menyatakan angka pengangguran terbuka di Kota Tangerang pada 2021 mencapai 103.500. Angka itu mengacu pada Data Badan Pusat Statistik (BPS). "Tahun 2022 belum dihitung  pendataan berlangsung  Juli dan Agustus mendatang oleh BPS," kata Ujang.

Kendati demikian, Ujang mengklaim sekitar 20 persen lowongan pekerjaan  secara virtual  terserap melalui job fair yang digelar Disnaker.

 

Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker juga menyelenggarakan job fair tingkat kelurahan di 104 kelurahan secara bertahap. Secara pelaksanaannya berlangsung secara offline dan juga online melalui aplikasi Tangerang LIVE.

 

Ujang menyatakan job fair virtual bukan satu-satunya program yang bisa mengurangi angka pengangguran. Pihaknya mengklaim Balai Latihan Kerja (BLK) yang diselenggarakan Disnaker juga berperan mengurangi angka pengangguran dengan menyalurkan pekerja ke perusahaan  yang membutuhkan.

AYU CIPTA

Baca juga: Terjebak Banjir, Ibu Hamil yang Mau Melahirkan di Tangerang Dievakuasi PMI

Sumber: tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan